Sunday, July 29, 2012

BISNIS SEPATU FUTSAL

Lapangan futsal semakin merebak. Pemain sepakbola mini juga kian banyak. Ini menjadi peluang bagi produsen sepatu menggarap potensi pasar. Produsen lokal bahkan terang-terangan menantang merek asing beradu kuat di lapangan.

Persaingan bisnis sepatu futsal kian sengit. Produsen sepatu lokal dan asing berlomba-lomba memanfaatkan pasar penggemar futsal yang terus tumbuh. Selain bersaing harga, sebagian juga berani bersaing secara kualitas dan membidik segmen lebih tinggi.

Maklum, pasar sepatu olah raga (sport) memang cukup legit. Data Direktorat Jenderal Basis Industri Manufaktur Kementerian Perdagangan menunjukkan, total produksi alas kaki nasional di tahun 2010 mencapai 1,2 miliar pasang. Hebatnya, 70% atau sekitar 800 juta pasang merupakan sepatu olah raga.

Nah, salah satu penyumbang terbesar penjualan sepatu olah raga adalah sepatu futsal. Alhasil, saat ini produsen sepatu lokal lebih serius menggarap bisnis sepatu futsal. “Pertumbuhan penjualan sepatu jenis ini double digit terus,” kata Arif P. Wirawan, Presiden Direktur
PT Panatride Caraka, produsen sepatu merek Specs.

Sejak booming futsal, Specs ikut menikmati. Saat ini, setiap bulan Specs memproduksi sekitar 50.000 pasang sepatu futsal. Dengan menguasai 30% market share penjualan sepatu futsal, produksi Specs sudah naik 50% dari rata-rata produksi bulanan tahun lalu. Sepatu futsal Specs menyumbang sekitar 15% total penjualan sepatu.

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...